Menggunakan Teknologi Home Monitoring Dengan Internet

Diposting oleh inonugo on Senin, 19 November 2012

Menggunakan Teknologi Home Monitoring Dengan Internet
Bagaimana rasanya saat meninggalkan rumah, entah itu bekerja, berbelanja atau bepergian untuk tamasya dan merasa ada sesuatu yang terlupakan? Sesuatu ini bisa saja seperti lupa mematikan kompor atau bisa saja ketinggalan anak seperti yang terjadi di film Home Alone. Mungkin semua itu akan membuat perasaan kita menjadi super was-was dan acara bepergian akan menjadi terasa tidak nyaman lagi.
 
Kini anda tidak perlu khawatir, karena ada perangkat yang bisa memantau keadaan rumah kita secara langsung dari jarak jauh.  Dengan memasang alat pemantau atau istilahnya home monitoring, keadaan rumah yang kita tinggalkan bisa kita pantau kapan dan dimanapun secara langsung.


Bagaimana ini bisa terjadi?

Caranya adalah dengan menggabungkan perangkat home monitoring dan teknologi internet.


Apa itu perangkat home monitoring?

Perangkat home monitoring yang digunakan ini adalah terdiri dari sebuah kamera monitor sebagai alat utamanya. Mungkin kita sudah paham dan kenal dengan kamera monitor CCTV. Mungkin pernah lihat kamera monitor yang ada di toko-toko swalayan, SPBU atau di ATM. Ya seperti itulah perangkat kamera monitor yang digunakan.



Bagaimana perangkat home monitoring bisa diakses dari jarak jauh?

Agar perangkat kamera monitoring bisa diakses dari jarak jauh maka kamera monitoring ini harus digabungkan dengan sebuah jaringan internet. Syaratnya, kamera monitor yang digunakan merupakan sebuah IP Camera, yaitu sebuah kamera yang memiliki alamat IP. Alamat IP ini nantinya digunakan sebagai identitas dari kamera monitor yang akan digunakan agar dapat diakses lewat jaringan internet. Jadi alamat IP ini ibarat nama yang akan memudahkan kita saat "memanggilnya" di jagad maya.



Apakah membutuhkan jaringan internet yang bagus?

Karena yang kita akses ini hasil akhirnya adalah sebuah video, maka dibutuhkan jaringan internet yang lancar dan stabil. Agar nantinya streaming dari perangkat home monitoring bisa berjalan lancar tanpa putus-putus. Menggunakan internet dari jaringan kabel ini sangat disarankan karena bisa terjamin kestabilannya dalam menyalurkan data. Misalnya menggunakan penyedia layanan internet dari SPEEDY. 


Apakah semua orang bisa mengakses perangkat home monitoring milik kita?

Perangkat home monitoring ini mempunyai username dan password yang gunanya untuk melindungi perangkat agar tidak bisa diakses oleh semua orang. Pemberian nama dan password dapat dipasang saat proses instalasi IP Camera tersebut. Username dan password dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan kita. Jadi dengan adanya username dan password maka privasi akan tetap terjaga karena hanya pemiliknya yang tahu.


Perangkat apa yang bisa untuk mengakses home monitoring dari jarak jauh?

Perangkat digital atau yang sering kita sebut sebagai gadget, bisa dijadikan alat untuk mengkases home monitoring, asalkan perangkat tersebut bisa digunakan untuk akses internet. Biasanya yang sering digunakan adalah perangkat komputer, laptop atau bisa juga menggunakan sebuah smartphone. Agar bisa mengakses dimanapun dan kapanpun disarankan menggunakan smartphone atau laptop.

Nah kini sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi untuk membantu hidup kita jadi semakin nyaman.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?