Inilah Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Diposkan oleh inonugo on Kamis, 16 Agustus 2012

Kalibrasi Baterai Laptop
Kalibrasi Baterai Laptop, mungkin ini asing bagi anda. Pernahkah anda mengalami pada waktu menggunakan laptop, baru satu jam tiba-tiba baterainya sudah habis? Padahal baterai tersebut baru saja diisi ulang.

Tentu ini pengalaman yang tidak mengenakkan. Apalagi pada saat itu laptop sedang asik-asiknya digunakan ditempat umum yang ada free wifinya. Dan sayangnya yang namanya tempat umum tentunya tidak menyediakan colokan listrik buat mengisi ulang baterai laptop kita. Yach...buyar dong senang-senangnya.


Kalau pernah mengalami yang seperti ini jangan salahkan dulu baterainya. Mungkin anda mengira bahwa baterai laptop anda sudah rusak. Dan anda menyalahkan kualitas baterai laptop anda yang anda beli yang mungkin saja umurnya belum genap dua tahun.

Jangan buru-buru untuk mengganti baterai anda dengan yang baru. Ada caranya bagaimana mengetahui baterai kita masih bagus atau tidak.

Biasanya kejadian di atas dikarenakan tenaga atau daya yang ada di dalam baterai tidak benar-benar terisi secara penuh. Ini biasanya terjadi jika pada pemakaian laptop sehari-hari, misal di rumah atau di kantor selalu menggunakan sumber listrik lewat adapter sebagai sumber dayanya.

Kejadian ini bisa terjadi dikarenakan kita sering  menyalakan laptop dengan menggunakan adapter listrik, biasanya sampai hitungan bulan. Akibatnya cel-cel yang ada di dalam baterai dayanya jadi semakin melemah. Tegangan yang terdeteksi oleh laptop tidak sama dengan kapasitas daya yang terdapat dalam baterai. Di layar terdeteksi bahwa baterai bisa men-supply selama 5-6 jam, tapi kenyataannya waktu dinyalakan hanya mampu bertahan satu jam saja. 

Kalibrasi Baterai Laptop

Kadang kita juga merasa bingung dan bertanya, dengan adapter men-supply laptop, ini berarti baterai laptop diisi ulang juga kan? Jawabannya bisa benar bisa juga tidak. Karena ini juga tergantung dari setingan yang ada dalam laptop kita.

Pada merk laptop tertentu, ada sebuah fitur yang fungsinya untuk melindungi baterai dari pengisian ulang secara terus menerus menjadi penuh 100%. Dengan adanya fitur ini bisa diharapkan umur baterai jadi lebih panjang.

Untuk mengetahui apakah di laptop kita ada atau tidak fitur tersebut adalah coba arahkan kursor pada gambar baterai yang ada di Taskbar di pojok kanan bawah layar. Pada saat ini, kondisi laptop menyala dengan supply tegangan dari adapter. Jika pada saat cursor berada pada gambar baterai dan muncul tulisan "80% available (plugged in, not charging)" berarti di laptop anda sudah ada fitur Battery Life Cycle . Jadi pada saat pengisian telah mencapai 80%, pengisian ulang secara otomatis berhenti. Fitur ini bisa diaktifkan lewat menu yang ada di BIOS. Untuk mengaktifkannya silahkan masuk ke BIOS dengan me-restart laptop. Tekan F2 dan silahkan cari nama menu Battery Life Cycle Extension. Kemudian seting menjadi Enable tekan ESC> SAVE> Restart Laptop.



Kalibrasi Baterai Laptop


Kalibrasi Baterai Laptop





Bagaimana solusinya mengembalikan daya baterai supaya sama dengan yang terdeteksi oleh program di laptop?


Kalibrasi Baterai Laptop

Pertama, restart laptop dan usahakan untuk masuk ke dalam menu BIOS (biasanya dengan menekan tombol F2). Kemudian cari setingan baterai yang ada di di dalam BIOS tersebut dengan nama Smart Battery Calibration. Selanjutnya silahkan klik Smart Battery Calibration. Di layar nampak prosentase daya baterai dari 0% sampai 100%. Cabut colokan adapter yang menancap di laptop kemudian tekan enter.



Kalibrasi Baterai Laptop



Selanjutnya program kalibrasi berjalan dan akan menghabiskan daya yang ada di dalam baterai. Proses ini akan memakan waktu dan berlangsung agak lama. Jadi usahakan pada waktu melakukan kalibrasi ini diwaktu yang senggang dimana si laptop memang benar-benar sedang tidak digunakan. 


Kalibrasi Baterai Laptop
 

Setelah baterai habis dayanya, maka laptop akan mati. Selanjutnya giliran anda yang bekerja, cukup ringan kok, yaitu tinggal mencolokkan kabel adapter ke laptop. Setelah itu maka baterai laptop anda akan diisi ulang secara penuh. Usahakan dalam pengisian ulang ini laptop dalam keadaan mati agar pengisian berlangsung secara sempurna. 

Lihat lampu indikator power yang ada di laptop, jika sudah ada perubahan dari warna merah menjadi warna hijau (mungkin di laptop anda warna indikatornya lain) maka ini mengindikasikan bahwa baterai sudah terisi penuh.

Coba nyalakan lagi laptop anda dengan menggunakan sumber daya dari baterai, lihat indikator baterai di taskbar dengan meletakkan kursor di gambar baterai. Lihat berapa jam lamanya baterai dapat men-supply daya ke laptop. Jika sudah cocok dengan yang terindikasi di program, ini artinya baterai sudah dikalibrasi dengan sempurna.

Selamat mencoba.

{ 107 komentar... read them below or add one }

Asep Mulyadi mengatakan...

makasih gan infonya. bermanfaat banget buat saya. tar saya coba kalibrasi juga ah, batery laptop saya. makasih ya..

Situs Berita Rakyat Indonesia

made gede mengatakan...

akan saya coba gan kebetulan laptop ane lagi bermasalah dengan baterainya.

kalijenes mengatakan...

@Asep Mulyadi : Ok Sob semoga berhasil


@made gede : silahkan dicoba sob...

obat herbal stroke mengatakan...

wah mantap bnget infonya,,, wajib di coba ini,, thanks gan

obat herbal migren mengatakan...

brarti slama ini sya slah ya, pntesan baterai netbok syaa cpet bngt habisnya,,,

xamthone plus mengatakan...

bermanfaat bnget nih artikelnya,, mkasih gan

jelly gamat luxor mengatakan...

bgus bnget,,, d tnggu artikel yg lain cara merawat laptop biar awet

Wawasan Kita mengatakan...

makasih sob, infony ngebantu gue banget.

Antara Gerakan Sholat dan Kesehatan mengatakan...

sungguh sanagat bermanfaat gan informasinya

Informasi Seputar Penyakit Kanker Darah mengatakan...

mantabs gan informasinya

Obat Tipes mengatakan...

Wah harus saya coba..
Info Yang Sangat Bermanfaat Sekali..
Terimakasih Atas Infonya..!!

baju gamis mengatakan...

wah artikel yang bermanfaat makasih bro...

aqiqah mengatakan...

mas ijin share ya ...mantap nih artikelnya

juanx mengatakan...

mantap triknya gan.
makasih yah

Sapri Waldi mengatakan...

wuih..,sangat bermanfaat buat saya gan....maksih..
tp saya ada masalah dengan laptop saya gan,

pertama>>>ketika lptop saya matikan baterainya masih 50%,besoknya ketika saya hidupkan lagi baterainya tinggal 20%...padahal saya mematikannya pakai shutdown...itu kenapa ya....??
kedua>>> sebelumnya ketika saya matikan laptop pakai shutdown,lampu indikator power di laptop saya berkedip2 gan,akhirnya saya copot baterainya trus saya pasang lagi,baru lampunya mati...itu kenapa juga ya gan..
arigato gozaimasu....

kalijenes mengatakan...

@Sapri Waldi: permasalahan pertama dikarenakan baterai laptopnya sudah tidak bisa menyimpan dengan sempurna, sel-selnya sudah ada yang rusak. Bisa dicoba lagi dengan mengosongkan baterai kemudian mengisi ulang hingga penuh, setelah itu copot baterai dan coba cek lagi setelah 1 hari dengan memasangkan kembali ke laptop. Jika terjadi penurunan yg drastis berarti memang sel-sel baterai ada yang rusak.

Yang kedua, kalau yg kedip2 adalah lampu indikator power itu menandakan laptop sedang dalam keadaan sleep atau standby. Kalau ingin menyalakan lagi tinggal tekan tombol powernya saja.

Semoga bisa membantu.

pengobatan penyakit kista mengatakan...

oke, makasih atas tipsnya
sangat bermanfaat sekali

pengobatan alami kolesterol mengatakan...

pengetahuan baru bagi saya gan
terimakasih atas infonya

Anonim mengatakan...

kalo di bios nya gag ada gimna..
ada softwere nya gag..

Anonim mengatakan...

Gan kalo,d tampilan indikator batrei d layar ada tanda silang kedap-kedip kenapa tuh,trus batreinya klo abis d dicas full trus turun jd 87% langsung mati pas sya hidupin lg normal,padahal sya udah ganti baterai 2x
Mhon bantuannya

kalijenes mengatakan...

@Anonim: diseting lewat control panel.

@Anonim: coba cek pin baterainya yang ada di laptop, ada yang goyang atau tidak? atau mungkin pin-nya ada yang kotor karena terjadi korosi (ada gumpalan warna kebiru-biruan).

Avatecer mengatakan...

Thanks gan.., tapi masalahnya di bios ane g ada battery cycle extension nya.. T_T..

ABDUR ROIS NUR mengatakan...

Tapi koq di notebook saya yg di biosnya ga ada pilihan smart battery clibration sii.,
knapa to.?

android center apk mengatakan...

ok biosku normal sekarangg

kalijenes mengatakan...

@Abdur Rois Nur: Jika di BIOS tidak ada, kalibrasinya bisa dilakukan lewat setingan di Control Panel.

fini amalia mengatakan...

Caranya pakai control panel gmn ya ?

kalijenes mengatakan...

@fini amalia:
Untuk Windows 7
1. Buatlah sebuah profil daya baru dengan menjalankan Control Panel melalui menu Start > Control Panel > Hardware and Sound > Power Options.

2. Klik Create a power plan pada panel kiri jendela.

3. Beri nama Calibration pada kolom Plan name.

4. Pada semua opsi yang tersedia, pilih Never dan klik tombol Create.

5. Sekarang, aktifkan profil daya yang telah dibuat dan isi ulang notebook sampai 100%.

6. Setelah baterai terisi penuh, cabut catu daya dan biarkan notebook idle. Saat baterai hampir habis dan minta diisi ulang, abaikan perintah tersebut. Biarkan sampai notebook mati kehabisan daya.

7. Jika proses di atas berhasil dilalui, berarti kamu sudah berhasil mengalibrasi baterai notebook. Silakan charge kembali dan gunakan seperti biasa.

TasLaptop5 mengatakan...

aduh gan,,,
matur suwun poolll loh gan,,,
bermanfaat banget buat saya. tar saya coba kalibrasi juga ah, batery laptop saya.
pas bgt btrei laptop bojoq gampang jebol,,,
makasih2

Jun mengatakan...

jadi mengerti arti kalibrasi pada laptop, mantap dah artikelnya :)

Arminareka umroh mengatakan...

Mantaf dah gan ini

Obat herbal darah tinggi mengatakan...

oh jadi begitu gan, oe baru tahu nih. . makasih bantyak informasinya gan, wawasan oe jadi lebih luas.

sablon kaos mengatakan...

mantap untuk yang otodidak atau yang baru belajar, gak buru-buru ngeluarin uang di kantong kalo begitu.
hehehe....

Sabun Susu Kambing mengatakan...

teknis banget, tapi lumayan bagus

Anonim mengatakan...

Gan ,, idle d situ mksud,a gmana ?
di anggurin lptop,a or di gunakan ?
karena kalau di anggurin so laptop pasti akan sleep sndiri dan otomatis laptop trsbt daya nya tidak digunakan,,
kapan hbes,a btree ??
tlong lebih mndetail sob ,, tq

kalijenes mengatakan...

@Anonim: silahkan lihat langkah no.4--->4. Pada semua opsi yang tersedia, pilih Never dan klik tombol Create.

rental mobil di surabaya mengatakan...

bagus nih gan bisa jadi tambahan ilmu nih

obat herbal alami ace max mengatakan...

ilmu yang bermanfaat dan berguna telah memberikan postiangan yang bermanfaat bagi para pembaca

ahmad khozin mengatakan...

gan, kalo aku da masalah laen, batrenya ndak mau diisi dan lapu indikator batrenya itu berkedip terus kalo dicolokan. digambar batrenya tidak ada tanda silang, tapi kalo kursor saya arahkan di gambar itu tulisannya colokan masuk dan tidak sedang mengisi,, tu gimana..?? tolong bantuannya

Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan mengatakan...

waaahh baru tau gitu caranya.. nice share bos

obat herba hepatitis c mengatakan...

owh, begitu toh cara kalibrasi bateray, thanks gan...

motordanmobil mengatakan...

makasih gan inponya... ijin nyoba dulu...

Download Film Gratis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Download Film Gratis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

mau tanya, kalau plugged in not charging 0% gimana?

calvin mengatakan...

mau tanya kalo kita sudah lakukan kalibrasi melalui kontrol panel (win 7) apakah masih harus melakukan melalui BIOS?

kalijenes mengatakan...

@calvin: pake salah satu aja, mana yang bisa bikin baterai jadi normal kembali...

Cerita Lucu mengatakan...

wah... mo langsung dicoba. kebetulan ni laptop tanpa bantuan listrik langsung, 3 kali napas udah merah aja... hehehe... maksih bantuannya...

ekonur utomo mengatakan...

maaf gan saya mau bertanya, bateray saya dulu ny bsa terisi 100%, tapi selang 2 bulan, menurun jika di ces full ny cmn bsa smpai 75%, trus selang bbrpa minggu tnggl 50%, smpai hari ini full nya hanya bisa sampai 7-10%, pdhal di tulisan taksbar 7% available(plugged in, charging)
pernh saya coba saya ces smpai 2 hari, tpi gk pngruh juga!
tlong solusi ny gan,..
trims

kalijenes mengatakan...

@ekonur utomo Banyak faktor yang bisa mempengaruhi baterai tidak bisa diisi sampai 100%. Diantaranya: umur baterai, segi pemakaian dan seberapa sering diisi ulang. JIka baterai sering diisi ulang hingga 100% maka jatah umurnya bisa berkurang.

Coba cek fisik baterai, copot dan lihat pin-pin yang ada di baterai dan laptop. JIka kotor atau ada jamur dibersihkan dengan kuas. Biasanya kuas dibasahi dengan cairan tiner sedikit saja, tapi hati-hati kalau belum pernah melakukannya. Karena cairan tiner bisa merusak plastik kabinet.

Jika fifik baterai masih bagus, ada kemungkinan cel-cel yang ada di dalam baterai memang sudah rusak dan ini solusinya harus ganti baterai.

Semoga bisa membantu.

Anonim mengatakan...

gini masalahnya laptop saya klo dinyalain itu pasti hrs pke adapter klo enggak bru di caut dikit udh udh mati gk nympe 5 menit,laptop saya gk ada battry life circlenya trus gmna klo ke f2 juga gk ada apa apa cma item doang gk ada pilihannya,gmna ya??laptop sya bkn windows 7 cma windows xp.mohon bntuannya

kalijenes mengatakan...

@Anonim: bisa saja baterainya memang sudah habis masanya. Emang sudah berapa tahun baterainya mengalami isi ulang sampai penuh? Karena baterai ada batasnya untuk diisi ulang ada yang sampai beberapa ratus hingga ribuan kali.

Anonim mengatakan...

@kalijenes:tidak sampai satu thun tpi emg klau dipkai pkai adapter trus,dlu sih pas bru bli 1 bln-3 bln msih bisa gk pakai adapter tpi skrng gk bsa

Anonim mengatakan...

Maap gan, mau nanya nih. laptop saya tiba2 ada garis tipis vertikal warna hijau di sebelah kiri, sy tidak tahu bgm cara menghilangkan garis tersebut. Kira2 apa penyebabnya, dan solusinya bgm, terima kasih atas bantuannya :-)

Anonim mengatakan...

maaf nih we mau tanya baterry saya ada tulisan plugged in,not charging trus 80 persen trus padahal dah di cas 2 jam apakah masih bisa di perbaiki ,oh iya cara di atas di jamin amankan ....tolong jawabannya segera

kalijenes mengatakan...

@Anonim: Untuk permasalahan layar LCD yang ada garisnya, bisa disebabkan kabel flat-nya ada yang lepas atau memang layar LCD-nya yang sudah rusak.


@Anonim: coba ditengok di-BIOS, apakah ada setingan Battery Life Cycle. Kalau ada berarti memang baterainya tidak diisi sampai 100%.
Di artikel ini memberitahu bagaimana caranya membuat baterai jadi terisi 100% jika ada setingan Battery Life Cycle di dalam BIOS. Karena saat kita menyalakan laptop menggunakan adapter dan setingan Battery Life Cycle enable maka pengisian baterai akan terhenti sebelum terisi penuh. Adanya Battery Life Cycle ini sebenarnya fungsinya untuk membuat umur baterai jadi lebih panjang. Nah efeknya saat menggunakan laptop dan terjadi listrik padam, kondisi baterai yang kondisinya hanya 80% belum siap 100% untuk menjadi pengganti sumber daya listrik. Malah kacian baterainya kalau kondisi 80% disuruh nyalain Laptop.

Unknown mengatakan...

mau tanya, nih...
1. mana yang lebih bagus kalibrasi lewat bios ato control panel?
2. di bios ane ga ada smaart battry calibration dan battery life cycle. apakah ada cara lain untuk battery life cycle-nya..?

Thanks a lot...

kalijenes mengatakan...

@Unknown: 1.Sama aja. Systemnya kan cuma bikin baterai habis terus diisi ulang lagi.

2. Coba di http://batterylifeextender.software.informer.com/ tapi ane belum pernah nyoba.

masageng mengatakan...

postingan keren, masuk bios di netbook HP mini ga ada pilihan kalibrasi.. gimana solusinya? apa bedanya sama hibernasi? trims gan

kalijenes mengatakan...

@masageng: Kalau kondisinya memang demikian, tidak ada yang perlu dikalibrasi sob....
Karena baterai netbook-nya sudah diisi hingga 100% tiap kali colokan AC Adaptor nancap di netbook.

Hibernasi kondisinya sama dengan standby, semua komponen dalam netbook dimatikan, namun sebelum hibernasi semua data atau program yang dijalankan yang ada di dalam RAM akan dikopi dulu di dalam harddisk. Sehingga sewaktu dinyalakan lagi, tanpa melalui proses loading BIOS dan RAM akan langsung mengambil lagi data yang telah dikopi di harddisk tadi. Jadi ini tidak ada hubungannya dengan kalibrasi baterai.

saepul bachri mengatakan...

gan mau tanya,
1..aptop ane gak mau nyala pas charger plugin,. Tp klo ga pake charger nyala normal..
2. Laptop nyala tanpa charger, trus ane colokin chargernya dalam keadaan hidup tapi tiba2 mati mendadak kenapa ya??

Mhon bantuan nya..

kalijenes mengatakan...

@saepul bachri: Coba dicek adapternya, bisa jadi terjadi hubung singkat pada kabel atau colokan adapter ke laptop. Untuk mengetahui lebih detail dicek menggunakan AVO meter.

retropolis mengatakan...

saya mau minta tolong ni
saya baru beli laptop dell inspiron n4050 baru sekitar satu bulan, tapi laptop tidak mau nyala hanya dengan menggunakan power baterai jadi harus saya pancing dengan mencolokan charger listrik baru bisa nyala dengan normal, setelah laptop menyala charger saya cabut tidak masalah, itu masalahnya kenapa ya??? saya jadi tidak bisa membawa laptop saya tanpa charger listrik

kalijenes mengatakan...

@retropolis: Coba baterai diisi ulang sampai penuh tanpa menyalakan laptop. Setelah baterai penuh, bisa dilihat pada perubahan warna lampu indikator power, nyalakan laptop. Jika baterai masih belum bisa menyalakan laptop tanpa dipancing, lebih baik laptop dibawa ke service center mumpung masih sebulan. Utarakan masalahnya, jika memang baterainya yang bermasalah bisa langsung diganti. Biasanya baterai juga termasuk dalam garansi.

Natan mengatakan...

Berhasil nggak sih?

Natan mengatakan...

Oh ya, biasanya kan kalo baterai sudah 5% akan otomatis hibernate
nah itu perlu dinyalain lagi sampe baterainya bener-bener abis atau gimana?

kalijenes mengatakan...

@Natan: Jika yang dilakukan seperti dalam artikel ini, saya jamin pasti berhasil.

Kalau maksudnya baterainya mau dikalibrasi, ya kalau bisa daya dalam baterai dihabiskan aja saat hibernate. Kalau dinyalain lagi nanti kasian hardisk-nya bila tiba2 laptop mati karena piringannya bisa tergores.

Natan mengatakan...

Kenapa gara2 setelah saya kalibrasi, baterai laptop saya dayanya malah berkurang?
Hadah

kalijenes mengatakan...

@Natan: Kalibrasi yang saya maksud dalam artikel ini adalah jika di dalam laptop di BIOS ada fitur yang namanya Battery Life Cycle, yang mana jika fitur ini di Enable maka baterai tidak akan diisi ulang sampai 100% saat menggunakan AC Adapter. Fitur ini untuk melindungi baterai dari pengisian yang berlebihan, sehingga bisa memperpanjang umur baterai. Karena baterai lama tidak terisi penuh maka daya dalam baterai akan berkurang. Maka untuk mengembalikan agar baterai dapat berfungsi secara normal, dilakukan kalibrasi dengan mengisi ulang sampai 100%.

Jika di dalam laptop tidak ada fitur tersebut, berarti baterai-nya sudah diisi ulang sampai 100% saat menggunakan AC Adapter. Jadi apanya yang mau dikalibrasi? Karena pengisian baterai sudah berjalan secara normal. Harap diingat, umur baterai juga bergantung seberapa sering baterai diisi ulang sampai penuh, bisanya antara 500 sampai 1000 kali pengisian.

Ada ngga fitur tersebut? Karena fitur ini tidak semua merk Laptop ada.

Natan mengatakan...

Trus cara yg menggunakan plan di power options itu apa?
Bukan kalibrasi kah?

duniaku2012 mengatakan...

jUAL BATERAI aSUS
085692202086 - ARDIANSYAH
BANDUNG

vinsen liu mengatakan...

kenapa pas selesai kalibrasi baterai lewat control panel malah ada tulisan 0% Plugged in,not charging dan gak mengisi baterai

dildo mengatakan...

di bios sy ko g ada menu Battery Life Cycleda gan

dildo mengatakan...

di bios sy kok g ada menu Battery Life Cycle gan

yoedhas ksp mengatakan...

Gan laptop gak bisa nyala dengan daya/power dari batre tapi di icon batrenya charge 100%,knape ya?minta solusinya dunk

kalijenes mengatakan...

@vinsen liu: coba copot baterainya cek pin2-nya, kalo kotor dibersihkan kemudian dipasang lagi. Kalo tetep aja kemungkinan umur baterainya memang sudah habis masanya.

@dildo: memang hanya merk tertentu yang ada fasilitas tersebut.

@yoedhas ksp: kemungkinan rangkaian elektronik di dalam laptop jika memang kondisi baterainya bener2 fit.

nur rokhman mengatakan...

gan laptop ane ada tulissannya 45% available (plugin not charging), ketika di charging...pernah ane coba cabut tuh charger tp laptop langsung mati...
padahal kalo ikut langkah diatas harus biarin baterai habis dengan sendirinya...
apakah itu berarti baterainya udah ga mau ngisi apa gmn??
mohon solusinya..

r mengatakan...

bagaimana cara mengetahui batrei laptop yng masih berfungsi dan batrei yang tidak berfungsi ? saya jarang online, mohon kira nya anda dapat memberikan no handphone anda. terima kasih...

abdus shomad zein mengatakan...

mas, sy puya netbook baru, tapi bateranya dah ada isinya, langsung di ces aja apa dihabiskan dl dayanya ? mksh

inonugo mengatakan...

@abdus shomad zein: untuk beberapa type baterai memang dikondisikan ada isinya agar cell baterai tidak rusak, jadi langsung diisi baterainya tidak perlu dikosongkan. Waktu mengisi untuk pertama kalinya lebih baik netbook dalam keadaan mati.

sgrdng mengatakan...

Mas, laptop saya samsung, sudah 6bulan batre nya saya lepas, dan ketika saya mau pakai lagi tidak mau hidup laptopnya harus memakai AC adapter, apakah itu tandanya celll² sudah melemah?
Apakah sesudah di calibrasi batre laptop tsb bs di gunakan secara normal...

*laptop saya baru 1thn, tp sudah lewat masa garansi.. :(

.Mohon Pencerahannya mas. Trims

kalijenes mengatakan...

@sgrdng: kemungkinan baterainya sudah habis dayanya atau sudah lemah. Coba diisi ulang baterainya dengan kondisi laptop dalam keadaan mati. Dulu saya juga pernah melakukan seperti itu, baterai laptop saya lepas waktu menggunakan laptop di rumah. Tapi tiap satu bulan baterai saya pasang untuk diisi ulang.

Rasidah sirikit mengatakan...

2 hari yang lalu saya minta tlng teman untuk install ulang laptop saya. dan katanya harus dia bawa pulang ke rumah nya laptop nya. nah, pas dia kembaliin laptop saya setelah kelar di install. tapi kok aneh, saya lihat charger laptop saya beda engga kaya' biasanya, berat dan kabelnya agak gedek. saya ga berani nuduh teman saya nukar charger laptop saya. mohon bantuannya dunk, untuk memastikan charger laptop yang ori dan sesuai dengan charger laptop yang di berikan dari toko. untuk laptop DELL Inspiron N4050, cara cek charger nya yang sesuai gimana ya.... agar saya ga salah menuduh teman saya, apakah dia telah menukar charger laptop saya atau tidak.

kalijenes mengatakan...

@Rasidah sirikit: kalo ingin mengetahui charger itu memang asli bawaannya laptop, silahkan dilihat dan dicocokkan serial number yang tertera di body charger dengan yang tertera di kardus atau wadah laptop.

Hadyan Hilmi mengatakan...

gini gan...di pengaturan laptopku itu gak ada pengaturan "Battery Life Cycle Extension"
gimana ini...padahal laptop saya masih 2 bulan "acer v5,kalau batreinya udh tinggal 50% tiba2 mati sendiri...dan waktu prtama beli gk prnah saya charge sampai ber-jam2...
trims...mohon sarannya

kalijenes mengatakan...

@Hadyan Hilmi: biasanya saat laptop baru pertama kali dipake dilakukan pengisian baterai sampai penuh dengan laptop dalam keadaan mati. Ini agar baterai yang baru ini bisa terisi secara sempurna. Jika memang tidak ada aplikasi tesebut, pemilik memang harus rajin melihat baterai meter. Apakah baterai sudah penuh atau belum. Karena tiap kali adaptor dicolokkan ke laptop ini artinya baterai akan diisi ulang sampai penuh. Waktu mengisi ulang baterai jangan ukuran jam sebagai patokannya, tapi prosentase dari kapasitas baterai tersebut. Jika sudah 100% sebaiknya adapter dilepaskan saja. Coba baterainya dikalibrasi aja, dihabisin muatannya kemudian diisi ulang sampai penuh dengan laptop dalam keadaan mati.

dwi aries saputra mengatakan...

Mas kalau charger aku cabut ,laptop juga ikut mati,gmana yah. . ??
Please blz

kalijenes mengatakan...

@dwi aries saputra: artinya baterainya lagi ngga fungsi. Bisa jadi baterainya sudah habis umur pakenya. Solusinya beli yang baru atau dicek dulu meminjam baterai dengan type yang sama. Disini saya ngga bisa memastikan dari penjelasan mas bro yg sangat singkat tsb.

ivan intetsu mengatakan...

gan saya udah coba trik di atas udah brhasil 100% tp ko pas hbis d cas lg ko jd 80% lg gmana gan . .

modem venus mengatakan...

mas sy punya aspire 4740g uda coba ganti batre baru 2x kasusny sama kalo charger dicabut laptop langsung mati padahal masih ada 75% lg.
sy coba pake yg oem & ori gk ada bedanya. bios sy gk ada opsi kalibrasi apa harus update bios?
kaki2 batre jg bersih gk ada korosi.

nupphie nove mengatakan...

gan, yang saya alami pertama dibuat game gak tau klo bterai mau hbis, lalu laptop mati pas dicas sudah penuh lalu pas dihidupin lagi ada tanda silang pada baterai kemudian cepat habis,gmna?

Axella Ryan mengatakan...

laptop saya batrei nya cuma bertahan selama 3 jam setelah terisi penuh,,apakah batrei nya normal apa udah rusak?????

Gaung mengatakan...

battery life cycle untuk toshiba l745 bisa gak ??
software yang agan kasih itu khusus buat pengguna laptop samsung.

inonugo mengatakan...

@Axella Ryan: jika baterai kondisinya masih baru berarti tidak normal tapi kalo umur baterai udah 1 tahun lebih itu termasuk masih bagus

Ahmad Fauzi mengatakan...

Gan saya mau tanya saya udh masuk ke BIOS. Tapi saya cari Battery Life Cycle kok ngga ada ya .

mohon jawabannya ?

inonugo mengatakan...

@Gaung & Ahmad Fauzi: jika tidak ada pake aja cara dengan menyeting baterai yang ada di control panel.

raden bima mengatakan...

mas berarti lebih baik begini ya mas.... ketika ada listrik mendingan pakai adapter yang dicolok dengan mode plug in not charging terus? begitu lebih aman atau justru batere harus juga digunakan tanpa colok adapter?
saya justru sering menggunakan adapter walaupun batere terpasang batere, karena ada mode plug in not charging dari windows,,, apakah jika diteruskan akan berbahaya mas?

mohon infonya...
kaskus id: radenbimayoga :)

raden bima mengatakan...

@ahmad fauzi jika menggunakan windows 7, silahkan buka control panel-device manager ada dengan driver battery-microsoft acpi complaint control method battery... jika mode plug in not charging tidak berfungsi, klik kanan pada microsoft acpi complaint control method battery kemudian uninstall dan restart kembali laptop anda...
CMIWW

Prio Bagus mengatakan...

gan leptop qw btre tiap 20% mati itu kasusny knapa ea?
gejla muai pas qw kasih windows8
sbelume pake windows7
sempat ngira windowsnya bermasalah tp qw bawa k tukang servis ktny normal2 aja?

inonugo mengatakan...

@Prio Bagus: kalo di win7 di kontrol panel ada setingan prensentasi baterai untuk level peringatan, dalam level tersebut juga ada pilihan setingan apa yang akan dilakukan misal shutdown.
Untuk win8 saya kurang familier B-)

inonugo mengatakan...

@Raden Bima: dari pengalaman saya sejak laptop dalam keadaan baru sampai sekarang ini (kurang lebih udah 4 tahun) tidak ada kejadian yg membahayakan. Cuma kalo pas listrik lagi padam, baterai hanya bisa bertahan satu jam karena sebelumnya baterai hanya terisi 79%. Menurut saya kondisi baterai masih bagus walaupun umurnya udah 4 tahun.

Sonoda Arisa mengatakan...

kakak,, mau tanya dong, kalau aku mau nonaktifin si Battery Life Cycle gimana?

aku kesal, pas ngecharge batre laptop gamau penuh2 ._.

inonugo mengatakan...

@Sonoda Arisa: silahkan masuk ke BIOS, cari setingan Battery life cycle pilih disable

Fachri Marasabessy mengatakan...

Gan ko saya udah masuk ke BIOS saya cari Smart Battery Calibration ko enggak ada yah ?

inonugo mengatakan...

@Fachri Marasabessy: tidak semua laptop ada fitur tersebut

zee dee mengatakan...

terima kasih infonya ... benar benar bermanfaat ... akan saya coba semoga berhasil

niisa nisa mengatakan...

kalo laptop saya chargernya gk mengisi seperti tak terdeteksi, dan juga lampu indikator baterai pada laptop tidak menyala, itu chargernya yg rusak atau kenapa ya?

mohon bantuannya.. :)

inonugo mengatakan...

Cek chargernya, kalau lampu indikator di charger menyala bisa jadi chargernya masih ok, mungkin ada kabel yang putus atau konektornya rusak.

Poskan Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?