Melek Digital Bekal Utama untuk Startup Bisnis

Diposting oleh inonugo on Selasa, 20 November 2012

Internet telah bertransformasi seiring dengan cara kita hidup, cara kita bekerja, cara kita bersosialisasi dan bertatap muka. Internet kini telah dijadikan sebagai ajang sarana bisnis oleh para pebisnis. Dunia jual beli kini tak lagi hanya terjadi di pasar-pasar, pusat perbelanjaan dan mall-mall. Karena tuntutan perkembangan jaman, kini sebagian orang sudah tidak mau repot-repot lagi keluar masuk pasar atau toko-toko untuk berbelanja. Para sebagian orang ini ingin mencari cara praktis dalam berbelanja. Cukup dari rumah dengan membuka gadget-nya, memilih barang dan kalau cocok tinggal klik-klik masukkan kedalam keranjang belanja kemudian bayar lewat internet banking dan tunggu barang diantar ke rumah. Jadi kegiatan jual-beli kini tidak lagi dilakukan secara offline tapi juga secara online.


Melihat peluang ini, marilah kita alihkan bisnis kita ke media digital. Dengan modal website baik dari web hosting berbayar atau yang gratis, bisnis secara digital bisa kita mulai. Untuk yang pemula, bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi dan transaksi dalam bisnisnya.

Membuka bisnis di dunia maya memang membutuhkan keahilan khusus dalam pengelolaannya. Karena secara kasat mata, lapak jualan yang dibuka ini tak berwujud secara fisik. Jika kita tidak pintar dan punya keahlian, lapak jualan ini akan terkatung-katung, melayang-layang entah di mana di dunia maya yang sangat luas ini dan lebih parahnya lagi tak pernah dilihat orang. Jadi paling tidak kita harus punya bekal melek digital sebagai dasarnya.

Apa saja kriteria melek digital?

Menurut saya point-point penting dalam melek digital adalah:
  1. Mengerti dasar-dasar internet. Secara mendasar kita harus tahu apa itu internet, perangkat apa saja yang digunakan dalam internet hingga konfigurasi yang digunakan.
  2. Mengetahui cara menggunakan internet. Menggunakan internet membutuhkan sebuah program yang disebut browser, fungsinya untuk menjelajahi internet, jadi harus tahu program browser apa saja yang bisa digunakan untuk internet.
  3. Mengetahui fasilitas dari internet. Fasilitas di dalam internet seperti world wide web (www), electronic mail (email) harus tahu cara menggunakannya.
Untuk menjadi ahli dalam bidang internet memang diharuskan melakukan praktek secara langsung. Sebagai awalnya bisa dilakukan di sebuah warung internet (warnet) karena dari segi kesiapan alat sudah terpenuhi. Kita tidak perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan, hanya tinggal pakai saja. Dan pelajaran memakai software browser internet bisa dimulai.

Setelah lancar dalam penggunaan browser, selanjutnya mempelajari semua fasilitas di dalam internet, seperti menggunakan electronic mail (email). Karena fasilitas ini nantinya akan digunakan sebagai identitas dalam memfaatkan fasilitas lainnya seperti world wide web (www).

Langkah berikutnya adalah belajar membuat web/blog. Sebagai langkah awal sebaiknya kita menggunakan jasa hosting web/blog sekaligus tempat membuat web/blog yang bersifat gratis. Ada beberapa situs yang bisa dijadikan tempat untuk belajar dalam membuat web/blog ini, salah satunya adalah www.blogger.com. Setelah sebuah web/blog berhasil kita buat, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan web/blog untuk menghasilkan uang.

Ada beberapa cara untuk membuat web/blog kita bisa menghasilkan uang. Diantaranya adalah dengan memajang produk sendiri atau membuat toko online, mengikuti program afiliasi pay per click (PPC) atau pay per sale (PPS) misalnya Adsense atau Amazon. Program ppc adalah jasa memasang iklan di blog kita yang mana kita akan mendapat bayaran apabila ada yang menge-klik salah satu iklan yang kita pasang. Sedangkan pps adalah seperti agen penjualan, kita akan mendapatkan bayaran apabila barang yang kita pajang dan tawarkan laku terjual.

Bagi yang mengisi web/blog-nya dengan memajang produk sendiri atau sebagai toko online harus selalu rajin untuk mempromosikan web/blog-nya. Promosi web/blog bisa dilakukan dengan memasang iklan di situs iklan atau mengunjungi web/blog lain dengan memberikan komentar di salah satu postingan. Di dalam komentar kita bisa meninggalkan 'id' kita yang berisi link menuju web/blog kita. Jika ingin mempromosikan lewat situs pengiklan sebaiknya menggunakan situs pengiklan yang tak berbayar alias gratis saja.

Promosi ini bertujuan untuk mengenalkan web/blog kita kepada para pengguna internet lainnya. Atau menjadikan web/blog kita lebih dikenali oleh mesin pencari di internet. Semakin dikenali web/blog kita oleh mesin pencari maka akan semakin menguntungkan kita. Karena web/blog kita akan ditampilkan di halaman pertama oleh mesin pencarian tersebut. 

Teknik agar web/blog kita dapat 'dicintai' oleh mesin pencari dan bisa selalu tampil di halaman satu, ini membutuhkan sedikit pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization). SEO ini adalah sebuah teknik untuk mengoptimalkan web/blog kita agar mendapatkan kunjungan melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Melek Digital Bekal Utama untuk Startup Bisnis
Saat ini saya juga sedang mencoba mencari uang lewat internet. Dengan memanfaatkan media blog sebagai sarananya dan mengikuti program pay per click (ppc) yang berasal dari dalam negeri. Setelah sebelumnya melakukan optimasi pada blog saya dengan mempelajari beberapa teknik SEO agar blog saya bisa tampil di halaman pertama mesin pencari. Syukurlah dengan beberapa teknik SEO yang bisa saya lakukan, blog saya bisa tampil di halaman pertama, misalnya saat saya menggunakan kata kunci 'kalibrasi baterai laptop' ini.

Jadi kalau kita ingin memulai bisnis lewat media digital, dasar melek digital harus kita ketahui, untuk selanjutnya kita harus menguasainya agar nantinya bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang internet marketing.  


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?