Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati

Diposkan oleh inonugo on Jumat, 02 Agustus 2013

Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati ini bisa dicoba oleh siapapun walaupun tanpa keahlian dalam bidang elektronika. Karena cara memperbaiki kulkas satu pintu yang mati ini tanpa melakukan teknik pengukuran yang rumit. Cara memperbaiki kulkas satu pintu yang mati ini hanya butuh keberanian dan tekad saja.


Kulkas satu pintu yang saya punya ini umurnya sudah diatas 13 tahun. Sebagai perangkat elektronik, umur seperti itu memang sudah dikatakan sangat awet.

Proses terjadinya kerusakan kulkas satu pintu ini gara-gara dianggurkan dan tidak dinyalakan dalam jangka waktu yang lama, mungkin ada kalau sekitar tujuh bulanan. Mungkin benar apa yang selama ini saya dengar, jika kulkas lama tidak dinyalakan maka bisa-bisa kulkas tersebut akan menjadi rusak.

Bagaimana cara memperbaiki jika kulkas satu pintu mati?

Pertama, colokkan kabel steker kulkas ke stop kontak, lihat apakah lampu kulkas sudah menyala. Jika lampu sudah menyala ini artinya aliran listrik sudah mengalir ke dalam kulkas dan tidak ada kabel listrik yang putus.

Kedua, coba pegang tabung kompresor kulkas yang ada dibelakang kulkas dengan alas kain. Kalau belum tahu tabung kompresor ini bentuknya seperti tabung gas elpiji 3 kg dan biasanya berwarna hitam. Rasakan apakah ada getaran dari tabung tersebut, getaran ini biasanya sangat halus sekali. Kalau tidak ada getaran berarti motor dari kompresor tersebut tidak bekerja alias mati. 

Ketiga, pastikan ada suara "tik" dengan interval beberapa detik suara "tik" ke "tik" berikutnya. Ini artinya overload protector masih bekerja dengan baik dan tidak ada kerusakan.

Keempat, lepas kabel steker kulkas dari stop kontak dan bongkar tutup yang ada disamping dan menempel di kompresor dengan melepas baut yang ada. Setelah bautnya lepas, pelan-pelan dan hati-hati tarik atau cukit tutup tersebut.

Kelima, lepaskan relay yang bentuknya seperti gambar di bawah ini. Melepasnya dengan cara mencukitnya dari bawah relay ke arah luar dengan obeng. Setelah lepas coba goyang-goyangkan dekat telinga, jika terdengar sesuatu di dalam relay sudah dipastikan relay tersebut rusak.

Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati
Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati


Keenam, bawa relay yang rusak tersebut ke toko tempat jualan alat-alat atau onderdil kulkas yang ada di kota anda. Kalau anda berada di kota Kediri, bisa mencarinya di daerah jalan Dhoho. Dari arah utara posisinya ada di kanan jalan, ada tulisan jual onderdil kulkas dan mesin cuci, maaf ngga bisa nyebutin nama tokonya ntar dikira promosi. Harganya tidak begitu mahal, saat saya menulis artikel ini saya tebus dengan uang Rp.15.000,-.

Ketujuh, pasang relay dengan menancapkan dua lubang yang ada dibelakang relay ke kompresor dan tekan dengan hati-hati. Usahakan pemasangan ini sudah benar-benar terpasang dengan benar, karena dari lubang tersebut akan menghubungkan relay dengan motor kompresor.

Kedelapan, colokkan steker kulkas ke stop kontak. Jika terdengar suara desis dari kulkas ini artinya kulkas sudah nyala dan berjalan normal. Untuk lebih meyakinkan coba pegang kompresor dengan perantara kain, rasakan ada getaran yang halus dari kompresor tersebut.

Selamat anda berhasil memperbaiki kulkas satu pintu yang mati..!!

Semoga artikel Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati ini bisa berguna bagi para pembaca.
    

{ 56 komentar... read them below or add one }

cak wawu mengatakan...

kalau pada langkah kedua kompresornya terdapat getaran, apa masih relay-nya yang rusak atau ada kerusakan yang lain?

inonugo mengatakan...

@cak wawu: kalo boleh tahu ada masalah apa dengan kulkas agan?

hasan jewish mengatakan...

bang kulkas saya tidak mau dingin gan..mesinnya cuma jalan 5menit treus mati lagi...itu penyebabnya apa bang

abel fals mengatakan...

Gan kulkas satu pintu sy lampu dalam hidup tp tidak dingin. Mohon petunjuk nya gan

berlin hazailin mengatakan...

((gan kulkas. Saya kalau dicolokin steker suka jebretan listrik turun...apa masalahnya......

inonugo mengatakan...

Biasanya masalahnya ada di motor kompresor. Lilitan atau kumparan dari motor yang membuat listrik jadi anjlok atau turun karena terjadi hubung singkat. Pengecekannya bisa menggunakan multitester atau bisa juga menggunakan clamp meter.

inonugo mengatakan...

Coba dulu lakukan seperti yang ada di artikel ini.

inonugo mengatakan...

Coba cek overload-nya.

berlin hazailin mengatakan...

(gaan)...mau tanya, apakah kulkas juga pakai kapasiTor ...untuk menggerakkan 3 dinamo( kipas).

inonugo mengatakan...

Kapasitor dipakai istilahnya untuk softstart motor, jika rusak itu juga bisa menyebabkan listrik anjlok.

Iyaz Dogen mengatakan...

Gan gimana cara memperbaiki lampu kulkas yg mati..

inonugo mengatakan...

Cek dulu bagian saklarnya untuk memastikan ada kerusakan apa tidak.

T M Idrus T M Idrus mengatakan...

Bang kulkas saya ga nyampe sejam mati dan tabung kompresor panas sekali, setelah agak adem kompresornya baru bisa hidup lagi. Masalahnua dmna ya gan? Trims

inonugo mengatakan...

Cek dinamo motornya, siapa tahu ada liltan yang nge-short

budiman widjaja mengatakan...

pak mau tanyak, akhir2 ini listrik di rmh sering loncat, dan kulkas tiba2 tdk mau dingin, tp kompresornya panas sekali, apa yg hrs saya lakukan ya? mohon bantuannya, makasih

inonugo mengatakan...

Coba dicek freonnya masih ada apa nggak. Kadang kalo tabungnya kerja tanpa ada freonnya bisa menyebabkan panas.

anas suratman mengatakan...

Bang mau tanya, kulkas dirumah kalau dimatikan trus mau dinyalakan kembali kadang tidak dingin biasanya butuh waktu 2 sampai 3 hari baru bisa dingin kembali. Kira-kira apa masalahnya ya, mohon bantuannya. Makasih sebelumnya

denny aris mengatakan...

boz kenapa lampu kulkas mati.apa itu tanda klau kulkas saya rusak atau kenapa?mhn bantuannya

inonugo mengatakan...

@denny aris: jk masih dingin berarti kulkasnya masih ok. Coba cek lampunya, cara paling mudahnya adalah diterawang dicahaya terang apakah filamen pijarnya ada yang putus.

inonugo mengatakan...

Coba cek daerah kompresor, bisa motornya yg macet atau relay yg agak soak

bonthot cah gunung bulus mengatakan...

gan mau tanya nich..kulkas saya sanyo satu pintu ko g bisa dingin..awalnya di cabut trus di bersihin bunga es nya.. hbis itu hbis itu dicolokin lg g bisa dingin.. saya pgang kompresornya pnas..cma g ada suara dengung..gmn solusiny gan..thx...

Ali Mahmudi mengatakan...

Cara ngecek kompresor rusak gmn ya bos, soale lampu hidup,tp kompresor g ada suara /getaran

Yudhi Zulkifli mengatakan...

Klo ane mati total termasuk lampunya gmn y cara analisa perbaikannya? Mohon pencerahannya

jack mengatakan...

Overload di kulkas 1 pintu di bagian mana ya ? Skalian cara memperbaiki. ... thanks

Sugeng Sujali mengatakan...

Kalo untuk kulkas dua pintu bgmn? Lampu tidak nyala kompresor panas, mohon petunjuknya Trmksh.

Sugeng Sujali mengatakan...

Kalo untuk kulkas dua pintu bgmn? Lampu tidak nyala kompresor panas, mohon petunjuknya Trmksh.

Gado-gado delivery mengatakan...

om kalo kulkas mati total kenapa ya om..pas di idupin ngk ada indikator yang idup..

Kak Udent mengatakan...

Kulkas saya LG dua pintu, uapnya gak keluar. Apanya ya?

soenil moeda mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
soenil moeda mengatakan...

Akhir" ini listrik di rmah ane sering njeglek/ mati setelah kulkas nyala beberapa jam,padahl sebelumnya normal" aja walau kulkas slalu stanbay.
Apakh penyebabx gan,atao ada kerusakan pada kulkas ane.

haliq mengatakan...

Cara memperbaiki lampunya gmana,gan?

shobcha imaduddien mengatakan...

Bang kulkas ane ga jalan tpi lampu nyala klo di tutup lampunya mati
tlong solusinya gan

shobcha imaduddien mengatakan...

bang kulkas ane ga mau jalan tapi lampu nyala klo di tutup lampu nya mati
solusi ny bang

Unknown mengatakan...

Om kulkas saya kulkas tua merek sharp 1 pintu.. kompresornya panas,trus gak dingin.. tolong Om apa masih masih bisa diprbaiki..trims..

Dennis Sihombing mengatakan...

Om kulkas saya kulkas tua merek sharp 1 pintu.. kompresornya panas,trus gak dingin.. tolong Om apa masih masih bisa diprbaiki..trims..

Dennis Sihombing mengatakan...

Om kulkas saya kulkas tua merek sharp 1 pintu..kompresornya panas..gimna ya Om cara memperbaikinya.. trims..

SMPYapendak AirBatu mengatakan...

bodi kulkas kontak

budiman sholeh mengatakan...

Gan, mau tanya kalo kulkas kadang idup kadang mati, nah stlah mati harus dicabut dlu colokannya slma kurang lebih 7 jam , trus dicolokin lg baru mau nyala knapa ya gan? Mhn dibantu, trmksh..

budiman sholeh mengatakan...

Gan, mau tanya kalo kulkas kadang idup kadang mati, nah stlah mati harus dicabut dlu colokannya slma kurang lebih 7 jam , trus dicolokin lg baru mau nyala knapa ya gan? Mhn dibantu, trmksh..

junus pieris mengatakan...

Gan, saya udah ganti Relaynya kulkasnya udah hidup normal kembali, tpi cuma bertahan 4 hari trus mati lagi, klo emang relaynya rusak lagi apakah ada faktor lain penyebab realay cepat rusak????atau ada hal lain??? Thanks

purwanto mengatakan...

gan kulkas ane kalau di pasang langsung jepret dan lampu langsung putus kenapa ya...

purwanto mengatakan...

tapi saya cek kulkas masih jalan normal tanpa pakai lampu , jadi sekarang ngak pakai lampu gan

Io Riyo mengatakan...

gan kulkas 1 pintu di rumah saya. bunyi seperti suara ledakan. kondisi dingin. tpi mcb listrik langsung turun saat di hidupkan kembali normal. 15 menit kemudian bunyi suara ledakan lagi listrik mcb turun.
dan sekarang mati total kompresor tidak hidup. lampunya tidak menyala. suhunya juga gg ada a/dingin

klu blh tau itu apanya yang rusak gan. solusinya gan

Diana Safitri mengatakan...

Bang kulkas sy 1 tahun dimatikn,stlah it dihidupkn kok pas br dihidupkn terdengar suara keras cossssss slma 6 detik trs hilng,compresor ttp brgetar,knp ik gan,

chawanx electro mengatakan...

gan saya mau tnya cara memper baiki komplesor yang rusak gimana?

Tai Kirik mengatakan...

maaf seblm nya mau tanya" kulkas saya merek SANYO kulkas mesin mati udah tak beliin reley yg kaya di gambar.tp. tetap ga jalan, kira" apa nya.... minta petunjuknya trimakasi.....

Mitha Lestari Ayu mengatakan...

Trima kasih untuk infonya yaa :)

Numpang promo gan
Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah.

Silahkan berkunjung diwebsite kami untuk mengetahui info” dari perusahaan kami dan price list penawaran juga. Klik website ini service kulkas surabaya

atau di website perusahaan kami cv anugerah teknik abadi

Mutiarija Yanti mengatakan...

Gan sya udah coba tp semua baik2 sja,,
Tp knpa lampu'y msh jg gx mw menyala ya gan

Abd Jono mengatakan...

Thanks reviewnya gan sangat bermanfaat artikelnya. Perkenalkan kami dari CV Anugerah Teknik Abadi yang bergerak dibidang jasa service AC, Kulkas, Mesin Cuci, Dispenser, Showcase, Freezer, dan lainnya. Untuk info lebih silahkan kunjungi website kami di Service AC Surabaya, Service Mesin Cuci Sidoarjo, Service Kulkas Sidoarjo

Mitha Lestari Ayu mengatakan...

Terima Kasih untuk informasinya :)

Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah. Kamilah tempatnya ^.^

cv anugerah teknik abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa service ac, Cuci ac, Pasang ac, service Mesin cuci, service Kulkas dan elektronik lainnya di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.

mullyana derajat mengatakan...

yg tau tolong d jwb ya ...

yg langkah ke dua ,,tapi kompresor nya bergetar halus ,,apa penyebabnya riley rusak ???

May Saroh mengatakan...

Kl kulkas kadang mengeluarkan suara ledakan sesekali... itu kenapa ya ? Untuk pendingin nya bekerja normal.

May Saroh mengatakan...

Kl kulkas kadang mengeluarkan suara ledakan sesekali... itu kenapa ya ? Untuk pendingin nya bekerja normal.

las mengatakan...

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d

Unknown mengatakan...

Terima Kasih untuk informasinya :)

Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah. Kamilah tempatnya ^.^

cv anugerah teknik abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa service ac, Cuci ac, Pasang ac, service Mesin cuci, service Kulkas, service freezerbox dan elektronik lainnya di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Tempat Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.

Moch Yusuf mengatakan...

Gan mau nanya, saudara saya punya kulkas, waktu dibawah kondisi normal, setelah dipindahkan ke lantai atas jadi nggak dingin, saya cek kompresor ngga jalan, saya sdh mencoba seperti artikel yg agan tulis diatas, saya sdh ganti overload dan relaynya, tp setelah saya colokin kok kompresor jadi panas, trs di dalam juga ngga ada angin dingin yg keluar, mohon petunjuknya ya gan makasih.

Poskan Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?