Mencari Antivirus Terbaik, Pilih Yang Gratis Atau Berbayar?

Diposting oleh inonugo on Kamis, 18 Oktober 2012

Antivirus Terbaik
Bila mau mencari antivirus terbaik, apa sih yang dijadikan sebagai kriterianya? Apakah antivirus terbaik itu adalah antivirus yang berbayar alias tidak gratis? Apakah antivirus terbaik itu adalah antivirus gratis atau yang berbayar yang selalu update definisi virusnya? Atau apakah antivirus terbaik itu adalah hanya antivirus yang berbayar dan selalu update definisi virusnya?



Kalau menurut saya, antivirus terbaik itu adalah antivirus yang sudah terbukti keampuhannya dalam mendeteksi dan membasmi serta mencegah virus masuk ke dalam komputer yang saya gunakan. Karena antivirus yang digunakan ini telah melalui serangkaian test dan ujian dalam membentengi komputer yang saya gunakan dalam waktu yang lama. Saling berbagi file lewat media penyimpan portable, download file yang belum begitu jelas jaminan keamanannya dan meng-instalnya ke dalam komputer serta browsing atau menjelajah dunia maya sampai ke daerah-daerah yang rawan dengan malware dan phising.

Jika dalam rentang waktu satu tahun dalam menggunakan antivirus ini di dalam komputer dan selama itu ternyata komputer kita aman-aman saja, maka bolehlah kita mengatakan kalau antivirus tersebut adalah antivirus terbaik.

Tiap-tiap orang pasti punya kriteria sendiri-sendiri dalam memberikan penilaian terhadap antivirus yang digunakan. Karena saya yakin dan pasti tiap-tiap orang punya kebiasaan yang tidak sama dalam menggunakan komputernya. Namun ada satu kebiasaan yang pasti sama yaitu berbagi file dengan orang lain. Dan kebiasaan inilah yang dijadikan oleh para pembuat virus untuk menyebarkan dan menularkan virus buatannya ke komputer lain.

Sudah selama dua tahun ini saya menggunakan antivirus buatan Norton ini yaitu Norton Internet Security 2011. Antivirus ini termasuk dalam antivirus berbayar alias tidak gratis. Namun jangan berprasangka dulu kalau saya ini termasuk orang kaya yang rela mengeluarkan uang beberapa puluh dolar atau uang ratusan ribu rupiah untuk membeli antivirus ini. Biar jadi rahasia antara saya dan pembaca yang budiman bahwa Norton Internet Security 2011 ini saya dapatkan secara gratis. 

Dua buah CD Norton Internet Security 2011 ini, yang salah satunya saya dapatkan pada waktu menghadiri undangan launching antivirus tersebut di salah satu hotel di Surabaya dan yang satunya saya dapatkan sebagai hadiah waktu mengikuti kuis yang ada di fan page-nya Norton.

Pengalaman saya saat instalasi Norton Internet Security 2011 ke dalam komputer prosesnya tidak memerlukan waktu yang lama. Prosesnya begitu cepat dan tidak membutuhkan sumber daya komputer yang besar. Begitu juga saat Norton Internet Security 2011 sudah ter-instal dan menjalankan tugasnya menjaga komputer, begitu terasa ringan karena Norton Internet Security 2011 ini mengambil sumber daya komputer sangat sedikit.

Norton Internet Security 2011 termasuk antivirus berbayar, jadi saat proses instalasi kita diharuskan memasukkan product key atau serial number agar Norton Internet Security 2011 bisa aktif. Proses untuk mengaktifkan Norton Internet Security 2011 ini harus dilakukan secara online, jadi untuk melakukannya diperlukan sebuah sambungan internet. 

Kedua antivirus Norton Internet Security 2011 ini telah saya gunakan semua. Masing-masing mempunyai product key atau serial number yang berbeda, yaitu:
  1. Serial Number atau Product Key: JV2DJ-FDCG7-3M6C9-F28K8-9DW4M
  2. Serial Number atau Product Key: JDGRX-2KWGR-RCVWT-R8JDR-GQH4D
Antivirus Terbaik
Definisi antivirus ini akan ter-update secara otomatis saat kita online dengan internet. Apabila kita setiap hari online, maka bisa dikatakan antivirus ini mendapat jaminan update definisi virusnya setiap hari juga.

Yang paling saya sukai dari Norton Internet Security 2011 ini adalah penggunaan sumber daya dari komputer yang sangat kecil sekali. Walaupun saya menggunakan komputer ini untuk hal-hal yang berat, komputer saya ini masih bisa berjalan normal.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?