Cara Mudah Bikin Mouse Sensitif Lagi

Diposting oleh inonugo on Senin, 24 Oktober 2011

Dengan menggunakan mouse pada waktu kita memakai laptop atau netbook, bisa membantu mempercepat kerja kita. Juga  bisa mengurangi rasa pegal-pegal dijari tangan saat jari-jari kita menari-nari di track pad di laptop.

Tapi kadang kesal juga kalau tiba-tiba mouse yang kita pakai jadi kurang sensitif. Waktu kita gerakkan mouse, kursor yang ada di layar laptop tidak segera meresponnya.


Ada beberapa penyebab yang jadi biang keladi kejadian tersebut. Pertama bisa disebabkan oleh kabel penghubung antara mouse dan laptop, karena putusnya kawat tembaga di dalam kabel. Kedua bantalan yang kita gunakan tidak cocok dengan mouse yang kita gunakan. Ketiga bisa jadi disebabkan kecerahan dari sinar infra merah (IR) sudah berkurang, dikarenakan oleh usia mouse tersebut.

Bila mouse terasa kurang merespon dikarenakan sebab yang pertama, serahkan saja pada teman yang biasa memperbaiki perangkat elektronik. Karena urusannya adalah solder-menyolder kabel. Jangan ke tukang service elektronik ya, nanti ongkos service-nya bisa jadi setara dengan beli mouse yang baru.

Untuk sebab yang kedua, silahkan coba ganti-ganti warna dari bantalan atau mouse pad tersebut.

Dan sebab yang ketiga, bisa kita coba dengan teknik sebagai berikut:
  1. Bongkar mouse dengan melepaskan baut yang menempel di bawah mouse.
  2. Siapkan Aluminium Foil dengan panjang kira-kira 2cm dan lebar 1cm.
  3. Tempelkan aluminium foil dengan menutupi plastik penutup lampu inframerah dan usahakan semuanya tertutupi.
  4. Hindari aluminium foil menempel pada kaki-kaki komponen elektronik, karena aluminium foil bersifat penghantar 100% dan bisa menyebabkan terjadinya short circuit atau konsleting.
  5. Setelah yakin semuanya tertutupi, beri sedikit lem pada pinggir-pinggir aluminium foil yang menempel pada penutup lampu IR agar tidak goyah.
  6. Silahkan tutup mouse dan dibaut.
Cara Mudah Bikin Mouse Sensitif Lagi
Cara Mudah Bikin Mouse Sensitif Lagi
Cara Mudah Bikin Mouse Sensitif Lagi
Cara Mudah Bikin Mouse Sensitif Lagi
Silahkan dicoba lagi mouse yang telah kita oprek tersebut. Kini mouse sudah lebih sensitif lagi. Respon yang kita rasakan berbeda dengan sebelum mouse dioprek. Karena fungsi aluminium foil tersebut adalah memantulkan semua sinar yang ada didalam mouse menuju keluar.

 SEMOGA BERMANFAAT 

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Kalau alumunium dari kotak rokok bisa kah?

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?