Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J

Diposting oleh inonugo on Selasa, 10 Juli 2012

Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J Motor matic injeksi irit harga murah pasti itu yang kita inginkan. Setiap kali mendengar kata motor buatan Yamaha, pikiran kita pasti langsung mengatakan bahwa motor itu mesinnya pasti boros bahan bakarnya. Apalagi motor Yamaha dari kelas matic.



Siapa bilang motor matic itu boros? Kalau anggapan itu masih ada dalam pikiran, silahkan buang jauh-jauh. Sekarang Yamaha matic sudah dibuat irit. Bisa dibuktikan pada skuter matic Yamaha Mio J terbaru, Motor matic injeksi irit harga murah.

Sejarah motor Yamaha.
Kalau kita lihat mundur ke belakang, motor Yamaha mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sebenarnya pendiri Yamaha tidak serta merta langsung mendirikan sebuah pabrik sepeda motor.

Yamaha didirikan oleh Torakusu Yamaha, awal didirikannya pada tahun 1887  dengan nama Nippon Gakki Company yang memproduksi piano tegak. Kemudian Yamaha baru memproduksi sepeda motor setelah generasi ke empat presiden Nippon Gakki Company. 

Produksi motor pertamanya diberi nama Yamaha YA-1 pada bulan Agustus 1954, dengan spesifikasi berpendingin udara, 2-stroke dan kapasitas mesin 125cc dengan satu silinder mesin.

Akhirnya pada tanggal 1 Juli 1955 Yamaha Motor Co,Ltd didirikan. Dengan didirikannya pabrik tersebut yang saat itu mempunyai jumlah karyawan 274 orang, produksi masal sepeda motor siap dimulai dan sanggup memproduksi 200 unit setiap bulan.

Kemudian pada tahun 1956, model ke dua Yamaha YC-1 siap diproduksi dengan mesin 175cc, silinder tunggal dan 2-stroke. Dan dilanjutkan pada tahun 1957, memproduksi motor Yamaha YD-1 250cc, 2-stroke twin yang merupakan perbaikan dari versi Jerman. 

Dengan produk andalannya Yamaha YD-1 250cc dan MF 150cc mulai merambah Amerika dan di tahun yang sama Yamaha berhasil bertengger di posisi ke 6 pada gelaran balap internasional Catalina Grand Prix di Amerika Serikat.

Jadi motor Yamaha bukanlah sosok pabrikan sepeda motor kemarin sore.


Teknologi Fuel Injection (FI).

Teknik mesin sepeda motor menggunakan teknologi Fuel Injection (FI) telah menggeser penggunaan karburator yang boros bahan bakar. Meskipun FI baru lebih dikenal di abad modern ini, ternyata perkembangan teknologi  itu sudah dirintis sejak 1930. Bukan langsung digunakan pada motor tapi pertamakali diterapkan pada pesawat terbang buatan Jepang. Dipakai pada pesawat terbang karena pergerakannya 3 dimensi jadi tidak mungkin memakai mesin karburator. Mesin injeksi lalu dipakai pada mobil balap tahun 1950-an dan mobil 2 tak Mercedes-Benz tahun 1960. 

Sampai akhirnya Yamaha menggunakan FI pertama kali di tahun 1982 pada Yamaha XJ750 dan berlanjut pada motor R1 serta skutik. Di Tanah Air, FI hadir perdana melalui V-Ixion yang diluncurkan pada 2007.

Berikut bagian-bagian dari teknologi Fuel Injection:

1)SENSOR
Yang terdiri dari:  
a)MAQS (Module Air Quantity Sensor), terdiri dari 3 sensor:
  • IAPS (Intake Air Pressure Sensor): Bertugas mendeteksi tekanan disepanjang lubang masuk (Intake). Bersama sensor yang lain, menentukan posisi TMA (Titik Mati Atas). 
  • IATS (Intake Air Temperature Sensor): Bertugas mendeteksi suhu udara yang masuk kedalam ruang bakar untuk mengatur densitas udara. 
  • TPS (Throttle Position Sensor): Bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke ruang bakar.

b)CRANK ANGEL SENSOR, sebuah sensor yang mempunyai sebuah pick-up coil dan pick-up rotor yang berfungsi sebagai :

  • Mendeteksi posisi sudut crankshaft, dan juga posisi TMA (Titik Mati Atas) saat mesin baru saja dinyalakan.
  • Mendeteksi putaran mesin.
  • Menghasilkan energi listrik.
c)COOLANT TEMPERATURE SENSOR, sebuah sensor yang bertugas untuk mengukur suhu air coolant, input dari sensor ini berfungsi sebagai input ke ECU untuk:
  • Menyalakan signal “hot” di panel speedometer.
  • Menyalakan Fan Radiator.
d)LEAN ANGEL SENSOR, adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mematikan mesin pada saat motor dalam kondisi kemiringan 65 derajat.
 
2)INJECTOR
Yang berfungsi mensuplai bahan bakar dengan tekanan tinggi (guna pengabutan yang baik) ke ruang bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.
  • Volume bahan bakar yang disuplai oleh Injector ditentukan oleh ECU yang sebelumnya telah menerima informasi kondisi mesin dari sensor.
  • Volume bahan bakar yang disemprotkan oleh Injector tergantung dari: Injection Duration.
  • Lamanya waktu injection atau lamanya gate injection terbuka: Fuel Pressure.
  • Tekanan bahan bakar dari fuel tank –> fuel hose –> dan kemudian injection 
3)IGNITION COIL
Yang berfungsi menghasilkan arus tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk menyalakan percikan api dari busi.
Ignition Coil terdiri dari 3 bagian:
  • Inti Besi, biasanya terdiri dari 10 lembar besi.
  • Primary Coil, terdiri dari kawat tembaga dengan diameter 0,5 – 1 mm yang melilit diatas secondary coil sebanyak ratusan lilitan.
  • Secondary Coil, terdiri dari kawat tembaga dengan diameter 0,1 mm yan melilit sebanyak kurang lebih 10.000 lilitan.
4)FUEL PUMP
Secara umum, fungsi fuel pump ada dua:
  • Mensuplai bahan bakar dari fuel tank ke injector.
  • Menjaga tekanan bahan bakar yang disuplai agar sesuai dengan yang dipersyaratkan.
5)FID (FAST IDLE SELENOID)
Aktuator yang berfungsi meningkatkan RPM mesin saat temperature mesin masih dalam keadaan dingin.
Fungsi FID pada FI sistem, hampir sama dengan fungsi Choke pada motor yang menganut carburetor sistem.
6)FAN
Fungsi utama fan adalah membantu pelepasan panas pada fin radiator saat mesin mencapai temperatur tertentu, kerja dari fan diatur oleh ECU.
 

Lalu bagaimanakah cara kerja FI?

Sebagai contoh simpelnya, cara kerjanya sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.




Karburator versus Fuel Injection.

Karburator.
Kelebihan:
  • Lebih murah dibandingkan system injection tetapi apabila ditambah alat lain, maka harganya mendekati system injection.
  • Jumlah komponen lebih sedikit dan tidak kompleks.
  • Perawatan lebih gampang dan sederhana.
  • Penggunaan bahan bakar kurang efisien, sehingga cenderung boros.   
Kelemahan:
  • Untuk penyetelan A/F ratio dilakukan manual dan hanya bisa sekali.
  • Membutuhkan penyetelan yang tepat untuk semua kondisi tetapi tidak dapat mengatasi setiap kondisi yang dapat berbeda-beda.
  • Perlu adanya alat/komponen tambahan agar kerja karburator dapat menyesuaikan kondisi seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dll. 
FuelInjection.
Kelebihan:
  • Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.
  • Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik.
  • Ketika temperature dan tekanan udara berubah maka dia dapat menyesuaikannya.
  • Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga dapat lebih irit.   
Kelemahan:
  • Harga lebih mahal dibandingkan karburator sebab lebih banyak terdapat komponen.
  • Jumlah komponen yang lebih banyak dan kompleks.
  • Perawatan harus menggunakan alat khusus dan teknik tertentu.

  
 
Mencari Motor matic berteknologi injeksi yang irit bahan bakar dan berharga murah (ekonomis) merupakan solusi terbaik bagi konsumen sepeda motor yang ingin meletakkan nilai efisiensi sebagai prioritas utama. Faktor ini seakan tidak bisa ditawar. Apalagi isyu peningkatan harga bahan bakar dan pencemaran lingkungan sudah berada di depan mata.

Untuk mencari motor yang irit dan berkualitas silahkan kunjungi www.yamaha-motor.co.id

Bagi kebanyakan konsumen Indonesia, memilih motor matic injeksi irit harga murah tak hanya berhenti pada faktor irit bahan bakar dan berharga murah (ekonomis). Masih ada pertimbangan lain yang tak kalah penting, yaitu desain. Masalahnya tak banyak merek yang menawarkan unsur-unsur penting tersebut dalam satu paket.

  • Pilihan model dan warna "motor matic injeksi irit harga murah".
Beruntung kini di pasar nasional telah tersedia skuter matic Yamaha Mio J terbaru. Dengan sepeda motor matic injeksi irit harga murah konsumen bisa meraih manfaat teknologi irit bahan bakar, harga murah, dan desain memikat. Terlebih Yamaha menyediakan dua tipe yang bisa dipilih, yaitu Mio J Family dan Mio J Teen.

Motor matic injeksi irit harga murah
Motor matic injeksi irit harga murah - Yamaha Mio J Family


Yamaha secara khusus menciptakan tipe Mio J Family untuk kalangan umum atau keluarga yang ingin tampil dinamis. Mio J Family sendiri berkarakter dinamis, sporti, elegan, dan simpel. Ada lima varian pilihan untuk tipe Family, yaitu warna putih, hijau, biru, hitam, dan merah.



Motor matic injeksi irit harga murah
Motor matic injeksi irit harga murah - Yamaha Mio J Teen



Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporti, dan dinamis. Mio J Teen lebih diciptakan guna mendampingi keinginan anak-anak muda yang ingin tampil trendy penuh percaya diri.

Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang; cover body bagian bawah.

Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam - putih - merah.

Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda; putih – biru – abu-abu muda; putih – hitam – abu-abu muda; dan putih – merah – abu-abu muda.

Mio J masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna. Fakta ini menjadikan Mio J semakin begitu sempurna. Terlebih lagi Mio J menggunakan mesin teknologi Fuel Injection (FI) yang benar-benar baru hasil pengembangan tenaga ahli Yamaha.

Mio J adalah friendly (bersahabat). Artinya Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia, anak-anak sampai dewasa. Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda.

Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.

  • Teknologi mutakhir pada "motor matic injeksi irit harga murah".
Keunikan Mio J sudah dimulai dari namanya. Huruf "J" yang berada di belakang nama "Mio" merupakan awalan dari teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Pasalnya, dengan teknologi mutakhir Yamaha itu pengguna dapat meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Iritnya Mio J ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection).

Low Friction Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik.

Hal ini diaplikasikan pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah. Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

DiAsil Cylinder dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel).

Sedangkan kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil Cylinder terjaga. Karena itu, jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil Cylinder dan Forged Piston.

Komponen lainnya dalam sistem mesin Mio J yang membuatnya irit adalah Fuel Pump yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin).

YMJET-FI menghasilkan pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah lingkungan. YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.

Pada teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.

Motor-motor Yamaha dengan teknologi Fuel Injectionnya mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan.


  • ECU, si otak pada "motor matic injeksi irit harga murah".
Otak atau pusat kontrol dari motor mesin injeksi adalah ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang tertanam pada beberapa bagian penting mesin.

Misalnya, sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.

Untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem”, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal. 
Motor matic injeksi irit harga murah
Motor matic injeksi irit harga murah


  • Spesifikasi dan fitur "motor matic injeksi irit harga murah".
Mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Fitur penting lainnya yang terdapat pada Mio J adalah key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Karena itu, ketika parkir Anda tak perlu lagi gundah.

Bagasi Mio J luasnya 8 liter, sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Untuk mereka yang butuh ruang untuk penyimpan barang tak perlu khawatir.

Pengguna Mio J juga tidak perlu sering-sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar karena besarnya tangki Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar. Keunggulan lainnya adalah mudah membawa boncengan karena joknya panjang.

Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis. Mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator. Servisnya pun cepat karena akinya kering, jadi tidak perlu dicek setiap minggu.


  • Spare Part "motor matic injeksi irit harga murah".
Hadirnya Mio J juga disertakan dengan spare part produk teranyar Yamaha tersebut di pasar otomotif roda dua Indonesia. Yamaha telah menyiapkan spare part Mio J khususnya untuk Fuel Injection (FI) part dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor.

Dengan adanya spare part khusus ini guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk menjaga performa motor. Spare part yang disiapkan adalah throttle body, fuel pump, injector dan Engine Control Unit (ECU).

Fungsi masing-masing spare part itu bisa dijelaskan secara singkat, throttle body sebagai tempat kontrol gas, fuel pump yaitu pompa bensin yang ada di dalam tangki untuk mendistribusikan bensin ke injektor, injector fungsinya sebagai alat yang menyemprotkan bensin ke ruang bakar dan ECU yang mengontrol semua part secara otomatis.

Harga spare part tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
  • throttle body (Rp 420.000).
  • fuel pump (Rp 430.000).
  • injector (Rp 115.000).
  • ECU (Rp 525.000).

Yang teranyar dari spare part yang diciptakan Yamaha untuk kebutuhan motor injeksi termasuk buat V-Ixion dan Mio J adalah Carbon Cleaner. Carbon Cleaner adalah cairan untuk membersihkan sisa pembakaran mesin. Carbon Cleaner membuat performa mesin lebih maksimal dengan formula khusus untuk membersihkan dan mengangkat lapisan karbon atau kerak sisa pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Satu botol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Selain Carbon Cleaner, Yamaha juga menyediakan Gear Oil dengan volume 140 ml sesuai kebutuhan Mio J.


  • 1000% Joyful with Mio J "motor matic injeksi irit harga murah".
Kali ini Yamaha mengusung tagline 1000% Joyful New Mio J,dengan menggaet JKT48 sebagai brand ambassador-nya.

Personil JKT48 yang diwakili Cleopatra, Jessica Veranda, Stella Cornelia, Diasta Priswarini dan Alisa Galliamova mengaku suka dengan tunggangan anyar Yamaha yang sudah berteknologi Fuel Injection itu.

1000% Joyful New Mio J artinya konsumen dapat merasakan joyful (kebahagiaan) hingga 1000%.

Lebih dari 100% seperti biasanya yang menjadi nilai standar maksimal pencapaian suatu hal yang positif.

Pada TVC Mio J yang dibintangi JKT48, grup wanita itu menyanyikan theme song judulnya Aitakata. Aitakata artinya I Want to Meet You (saya ingin bertemu kamu). Di sini maksudnya JKT48 melontarkan keinginan bertemu konsumen Mio J dan fans mereka sendiri.

Selain kompak menilai Mio J memiliki segalanya untuk menjadi motor favorit di Indonesia, kelima gadis cantik itu juga sepakat bahwa safety riding dalam berkendara adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan seluruh pengendara motor. “Ngeri ya melihat banyaknya kecelakaan saat ini. Padahal hal itu seharusnya tidak terjadi kalau setiap pengendara menerapkan safety riding dan mematuhi lalu lintas.” himbau  Jessica Veranda, yang pendapatnya itu diamini rekan-rekan lainnya.



Kesimpulannya.

Jadi, apa lagi yang musti dipertanyakan pada Mio J. Motor matic ini akan membuktikan diri sebagai sepeda motor praktis, ekonomis, dan berkemampuan tinggi.

Tak ada salahnya jika Mio J disebut sebagai Motor matic injeksi irit harga murah.

Untuk harga on the road Jakarta :
  • Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000,-
  • Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000,-
  • Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000,- 

Info lebih detilnya silahkan kunjungi www.yamaha-motor.co.id







Motor matic injeksi irit harga murah


Motor matic injeksi irit harga murah


sumber: www.yamaha-motor.co.id www.yamaholigan.com                

Motor matic injeksi irit harga murah



Artikel ini diikutkan dalam lomba blog Motor matic injeksi irit harga murah - Yamaha Mio J
Kata kunci/keyword : Motor matic injeksi irit harga murah
Share jika artikel dengan keyword Motor matic injeksi irit harga murah ini menarik.
Artikel dengan keyword Motor matic injeksi irit harga murah ini digunakan untuk belajar teknik SEO.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah mengatakan...

Good posst sobat : )

SUKA-SUKA mengatakan...

Thanks gan...sukses juga buat agan.

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?