Cerita Emak Tentang Susu

Diposting oleh inonugo on Rabu, 04 Juli 2012

Cerita Emak Tentang SusuKata emak-ku dulu kalau tubuh ini mau kuat dan sehat tiap hari harus minum susu. Makanya emak sudah memberi aku susu sejak aku lahir dan susu yang dikasih emak adalah susu hasil produksi emak sendiri alias ASI atau air susu ibu. Emak memberikan ASI-nya kepada aku selama dua tahun, emang emak sayang dan baik sama aku. Menurut emak, kualitas ASI atau susu yang diproduksi emak kualitasnya tidak ada yang menandinginya. Selain banyak zat gizi yang berguna bagi pertumbuhan tubuh dan otak juga ada zat imun untuk menghadang penyakit serta dipastikan halal.

Menurut aku, emak-ku ini emang orang yang berwawasan luas. Mungkin kalau emak hidup dijaman sekarang emak akan menuangkan semua pengetahuannya ke dalam sebuah blog. Emak pasti akan menulis tentang manfaat susu bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak. Ah..sok tahu ya aku ini.

Tulisan emak yang pertama pasti tentang manfaat susu hasil produksi emak sendiri alias ASI. Dalam blognya emak pasti akan membahas tentang manfaat dan pentingnya ASI. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama usia bayi sangatlah penting, akan menjadikan anak-anak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Selain itu dengan memberikan ASI bisa meminimalkan resiko terkena kanker payudara dan kanker rahim serta mempercepat pengembalian bentuk tubuh pasca melahirkan. Inilah kata-kata emak dalam blog-nya.

Dalam blog-nya, emak pasti akan selalu berpesan dan mengajak agar para wanita serta para ibu-ibu agar mau untuk menyusui anaknya, karena begitu besar manfaat dan kegunaan air susu ibu bagi bayi dan ibunya yang menyusui.

Setelah aku bertambah usia kira-kira usia dua tahun lebih, emak sudah menyapih aku dengan susu produksinya emak. Agar aku bisa tetap tumbuh dengan sehat dan cerdas, emak tetap memberikan aku susu. Susu yang dikasih emak ke aku adalah susu bubuk yang berasal dari olahan susu sapi. Namun susu yang diberikan emak ke aku adalah yang sesuai dengan usia aku. Karena kalau tidak sesuai akan mengganggu pencernaan aku yang masih usia balita ini.

Dalam memilih susu yang dibeli, emak selalu melihat kandungan gizi yang tertulis di dalam kemasan susu tersebut. Sebelum memutuskan untuk membeli, emak selalu membanding-bandingkan antara susu produksi pabrik yang satu dengan yang lainnya. Namun emak juga sangat teliti sekali, selain ingin memberikan susu yang bermutu dan bergizi tinggi juga emak tetap memperhatikan ada tidaknya sertifikasi halal pada susu tersebut. Karena sesuatu yang halal pasti jauh dari hal-hal yang kotor dan yang melanggar agama. Emak pasti sangat tahu kalau barang yang halal akan menyehatkan jasmani maupun rohani.

Sampai usia di atas lima tahun, emak masih tak lupa memberikan aku susu. Namun aku masih ingat, kesukaan aku kepada susu saat itu sudah mulai berkurang. Kalau tidak dipaksa sama emak aku jadi jarang minum susu.

Kata emak, pada usia di atas lima tahun, susu sudah merupakan makanan pelengkap. Seperti kata-kata yang pernah aku lihat yang ditempel-tempel pada tempat pelayanan kesehatan yang bunyinya "Makanlah Makanan Empat Sehat Lima Sempurna". Di gambar tersebut menyebutkan bahwa agar jadi lima sempurna maka harus ditambah susu.

Emak mengatakan bahwa aku boleh tidak minum susu lagi. Yang artinya kalau aku memang sudah bosan dengan minum susu, aku harus tetap makan makanan yang mengandung susu. Sekarang banyak susu yang diolah atau dicampurkan dengan makanan lain sebagai inovasi dari pengolahan susu sapi. Contoh hasil inovasi pengolahan susu sapi adalah dengan mengolahnya menjadi keju. Jadi kini emak rajin membelikan aku keju sebagai campuran ketika aku makan roti. Dalam memilih keju yang dibelinya emak juga tak lupa melihat sertifikasi halal yang tertera dalam kemasannya. Hmmm..ternyata enak juga makan keju.

Rasanya memang benar sekali, emak-ku dulu memang berwawasan luas. Agar anaknya bisa tumbuh sehat dan cerdas, anaknya tiap hari selalu tak lepas dari susu. Walaupun anak-nya sudah ada rasa bosan dengan susu yang diminumnya, emak tetap mencari alternatif makanan lain yang masih berhubungan dengan susu.
Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak.
Susu sebagai inovasi yang sehat bagi pertumbuhan anak juga haruslah halal. Halal dimulai dari saat pengolahan bahan hingga hasil produksi yang siap dikonsumsi.

Kini kebiasaan minum susu masih aku lakukan. Tiap pagi secangkir kopi susu selalu tersedia di meja makan ketika aku menjelang  berangkat kerja. Hmmm...nikmatnya secangkir kopi susu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?