Eksis Dengan Internet, Tiap Orang Pasti Beda Caranya

Diposting oleh inonugo on Senin, 27 Februari 2012

Dunia internet perkembangannya memang terasa sangat pesat sekali. Dalam hal kecepatan akses sudah banyak kemajuannya. 

Dulu saya pernah merasakan kecepatan akses internet yang hanya berjalan sekitar 64Kbps atau 8KBps saja dan hanya tersedia pada jalur fixed alias kabel telepon. Internet ini kalau dipake untuk browsing, nunggu loading halaman web-nya bisa kayak nunggu balapan siput masuk garis finish, karena jalur akses yang didapat hanya sekitar 2KBps.

Sayang sekali dalam hal kecepatan akses internet, negara kita masih tertinggal jauh dengan negara tetangga, rata-rata masih dikisaran 617 Kbps.  Sedangkan negara tetangga kecepatan akses internetnya rata-rata sudah diatas 1 Mbps. Tapi dengan rata-rata kecepatan tersebut, kita masih bisa tetap eksis dengan internet kok, ya kan?
Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, sekarang semakin banyak cara bagaimana kita mau ber-internet. Untuk diketahui, menurut hasil survey pada tahun 2011, pengguna internet di negara kita ini sudah tembus diangka 50 juta pengguna. Lebih dari separo, para pengguna ini menggunakan perangkat mobile untuk mengaksesnya.

Menggunakan internet dengan cara mobile memang lebih fleksibel. Dimana dan mau kemana kita masih bisa tetap eksis dengan internet, asalkan kita masih berada dalam area jaringan yang kita gunakan.

Ini tak luput dari peranan para operator telepon genggam yang juga menyediakan akses internet atau akses data selain jalur percakapan. Salah satunya adalah operator seluler AXIS si pembela dan penggagas internet untuk rakyat yang beroperasi di jalur GSM, baik ya...?

Bagaimana dengan anda?
Apakah juga termasuk pengguna internet secara mobile?

Agar tetap eksis dengan internet, menggunakan internet secara mobile memang sangat dianjurkan. Kita sebagai makhluk sosial memang tak luput dari keinginan untuk saling berinteraksi dengan sesama. Maka dengan menggunakan akses internet secara mobile interaksi kita dengan makhluk sesama bakalan nyambung terus. Menggunakan layanan jaringan sosial adalah salah satunya.

Ngomong-ngomong, apasih jaringan sosial yang sering anda gunakan?

Menurut hasil survey (lagi-lagi), pengguna layanan jaringan sosial Facebook di negara kita ini mencapai 35 juta, pengguna Twitter 4,8 juta dan ada 3,2 juta blogger yang memposting lebih dari 4,1 juta blog menurut data survey Oktober 2010. Saya termasuk salah satunya dong...
Inilah juga termasuk salah satu usaha saya agar tetap eksis dengan internet.

Bermacam-macam perangkat mobile yang bisa digunakan sebagai sarana untuk akses internet. Kebanyakan pengguna internet secara mobile ini lebih cenderung memakai handset jenis smartphone. Karena dengan menggunakan handset jenis smartphone ini lebih mendukung saat berinternet, di dalamnya lebih kaya aplikasi dan banyak fitur-fiturnya yang canggih. Pilihan merk handsetnya juga sudah beragam, mulai dari merk lokal sampai merk global yang harganya selangit.

Apasih pilihan handset smartphone anda agar bisa tetap eksis dengan internet?

Blackberry ternyata jenis smartphone yang paling banyak digunakan di negara kita. Sehingga layaklah kalau media internet memberi gelar Indonesia sebagai negara Blackberry. Namun kebanyakan para pengguna Blackberry di negara kita ini paling banyak hanya digunakan untuk akses data atau membeli paket BIS (Blackberry Internet Service) saja. Jarang sekali atau bahkan mungkin sama sekali tak pernah digunakan untuk komunikasi melalui percakapan dan tentunya fitur utama Blackberry Messenger (BBM)-lah yang paling banyak digunakan.

Dengan membeli paket BIS berharap para pengguna Blackberry ini bisa eksis dengan internet dengan lebih bergengsi. Dari kebanyakan paket BIS yang ditawarkan oleh beberapa operator, saya rasa hanya paket BIS milik operator AXIS yang harganya terjangkau. Paket BIS unlimitednya bisa membawa para pengguna Blackberry tetap eksis dengan internet dengan lebih leluasa namun masih dalam batasan dari operator Blackberry.

Selanjutnya smartphone dengan OS Android paling banyak kedua yang banyak digunakan untuk akses internet secara mobile. Handset dengan OS Android juga menawarkan banyak fitur yang bisa dihandalkan agar bisa tetap eksis dengan internet. Berbeda dengan Blackberry, pengguna handset Android lebih leluasa dalam ber-internet. Paket unlimited internetnya bisa digunakan tanpa batasan apapun selain batasan dari operator penyedia. Apalagi kalau menggunakan AXIS sebagai sarana untuk eksis dengan internet. Dengan membeli paket internet untuk rakyat yang sangat ramah sekali dikantong, eksis dengan internet dijamin lancar.

Bagaimana dengan handset selain smartphone?

Bisa aja kok dipake untuk eksis dengan internet, asalkan ada aplikasi browser dan memang handset tersebut di dalamnya sudah ditanamkan hardware untuk pengakses data.

Nah, dari macam-macam cara akses internet, jaringan sosial yang ada dan handset yang tersedia serta operator telepon penyedia internet, manakah cara eksis dengan internet yang anda lakukan saat ini?

Internet untuk rakyat memang bikin kita bisa tetap eksis dengan internet.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?