Mengganti Mac Address WIFI pada Windows 7

Diposting oleh inonugo on Selasa, 09 Agustus 2011

Kenapa sih kok repot-repot ingin mengubah mac address? Mungkin ada banyak alasan, antara lain ingin mendapatkan akses internet secara gratis. Punya akses internet tapi koneksinya lambat dan ingin koneksi yang lebih cepat. Atau mac addressnya kena banned sama adminnya IT di kantor karena Bos yang galak.

Pada Windows XP, mengganti mac address sangatlah mudah. Bisa secara manual atau menggunakan software pengubah mac address yang bisa dicari di internet.

Lain halnya jika menggunakan Windows 7, mengubah mac address tidaklah gampang. Kadang-kadang mac address pada wlan tidak mau kita rubah mac address-nya. Pada kasus ini kita harus tahu penyebabnya lebih dahulu. Sempat saya mengira kalau tidak bisa berubahnya mac address wlan pada netbook saya disebabkan oleh versi windows 7 yang saya gunakan. Saat  ini saya menggunakan windows 7 starter edition. OS ini asli bawaan dari netbook.

Sebenarnya sebab dari tidak bisa berubahnya mac address wlan, bisa jadi dikarenakan driver yang digunakan. Jadi kalau wlan anda tidak bisa diubah mac address-nya, cobalah untuk update driver wlan tersebut. Silahkan cari driver yang sesuai dengan perangkat wlan yang digunakan, baik itu type maupun pabrikan dari wlan tersebut dengan bantuan Google di internet. Jika sudah ketemu dan diinstal, gunakan software pengubah mac address untuk mengubah mac addressnya misalnya k-mac. Jalankan software k-mac. Ganti huruf dan angka yang ada pada kolom New MAC. Setelah itu klik apply selanjutnya exit. Disable wlan dan kemudian enable lagi.
Cobalah untuk koneksikan ke router wifi yang ada.

Alhamdulillah wlan saya bisa konek lagi ke router wifi di kantor. Tinggal setting proxy di browser untuk akses web site yang diblokir. Wlan yang ada di netbook saya adalah Atheros AR9285, dengan driver yang digunakan saat ini adalah versi 8.0.0.376.  

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

fontnya bisa di ganti ,ini nggak mengenakkkan saat di lihat

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?