Menciptakan Planet yang pintar melalui Smarter Computing

Diposting oleh inonugo on Senin, 25 April 2011


Bagaimana jika kerja seorang dokter digantikan komputer? Mungkin kita nggak usah lihat jadwal praktek dokter dan harus antri sambil menahan sakit. Umumnya para dokter, untuk melakukan pemeriksaan awal mereka menggunakan alat pengukur tekanan darah dan alat yang menggantung di leher yang biasanya digunakan sebagai simbol oleh seorang dokter yaitu stetoskop. Nah di sinilah letak dasar dari semua analisa yang dilakukan oleh seorang dokter selain pertanyaan yang dilontarkan “ada keluhan apa” atau “sakit apa” oleh dokter tersebut. Dari analisa tekanan darah dan bunyi atau irama detak jantung pasien maka seorang dokter dapat menganalisa lebih lanjut darimana sumber penyakit dari sang pasien.

Jantung merupakan organ vital bagi tubuh (apa bedanya penyebutan sebagai alat vital?). Dengan perantara alat perekam suara denyut jantung atau ekokardiograf dan alat untuk perekam listrik denyut jantung atau elektrokardiograf maka pemeriksaan awal dapat dilakukan sendiri. Hasil rekaman yang telah kita dapat bisa kita kirimkan ke rumah sakit atau instansi kesehatan dimana mereka telah mempunyai sebuah perangkat pengolah data lengkap dengan program penganalisa secara otomatis yang terhubung dengan khalayak umum dan online selama 24 jam tanpa henti. Sehingga dengan cepat kita dapat langsung menerima hasil analisa dari data yang telah kita kirimkan. Pengiriman bisa melalui modem yang terhubung dengan internet.

Dibutuhkan perangkat komputer yang mampu menjawab perintah yang kompleks dan tak terstruktur untuk menganalisa adanya kelainan jantung secara mendetail mulai dari irama denyut jantung sampai bentuk gelombang aktivitas listrik jantung. Komputer akan mengolah data dengan membandingkan data jantung yang sehat dengan data yang dikirimkan pasien secara mendetail. Hasil analisa ini secara otomatis saat itu juga akan dikirimkan ke pasien dan nantinya pasien bisa menindaklanjutinya apakah jantungnya sehat atau bermasalah sehingga butuh perawatan atau tidak untuk selanjutnya. Semua data dalam komputer harus bersifat pribadi, tidak boleh semua orang untuk mengaksesnya jadi keamanan komputer haruslah terjaga, baik perangkat kerasnya maupun perangkat lunaknya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Suka artikel ini?